Hal yang Perlu Diketahui sebelum Melakukan Operasi LASIK

Jika anda mempertimbangkan melakukan operasi LASIK untuk rabun jauh (miopia) dan menyingkirkan kacamata maka anda perlu membaca artikel ini. Berikut ini adalah 10 hal penting yang harus anda ketahui tentang operasi LASIK. Jangan mengambil keputusan untuk melakukan operasi LASIK sebelum membaca artikel ini hingga selesai.

  1. Tidak Semua Orang Bisa Menjalani Operasi LASIK


    Operasi LASIK tidak disarankan bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun karena penglihatannya terus berubah sampai awal usia dewasa. Usia yang diperbolehkan bagi siapa saja untuk menjalani operasi LASIK mata adalah 20 – 40 tahun.

  2. Daya Refraksi Mata dan Ketebalan Kornea Mata


    Anda tidak dapat melakukan operasi LASIK jika anda memiliki daya refraksi atau mata minus lebih tinggi dari -10 atau ketebalan kornea lebih tipis dari 500 mikron karena tidak akan memperbaiki penglihatan anda.

  3. Daya Refraksi Mata yang Konstan


    Kriteria yang paling penting bagi seseorang yang menjalani operasi LASIK adalah daya refraksi atau besarnya minus mata harus tetap konstan setidaknya selama satu atau dua tahun.

  4. Penggunaan Lensa Kontak (Contact Lenses)


    Jika anda berencana menjalani operasi LASIK dan saat ini memakai lensa kontak, maka inilah yang harus anda lakukan. Jika anda menggunakan lensa kontak (soft contact lenses) yang lembut maka anda perlu berhenti menggunakannya paling sedikit 3 hari sebelum operasi dan jika menggunakan lensa kontak keras (hard contact lenses) maka anda harus berhenti menggunakannya setidaknya selama sebulan.

  5. Tes Mata


    Anda harus menjalani banyak tes mata untuk mengetahui apakah anda layak menjalani operasi LASIK. Beberapa tes meliputi topografi kornea, tes mata kering, fundoskopi, ketebalan kornea (corneal pachymetry) dan Optical Coherence Tomography (OCT), IOL master, aberrometri, dan pemeriksaan mata orthoptic. Jika salah satu hasil dari tes ini negatif maka operasi LASIK tidak akan dilakukan.

  6. Operasi LASIK


    Operasi LASIK biasanya memakan waktu sekitar 15 menit untuk kedua mata (5 – 7 menit per mata). Anda mungkin mengalami rasa gatal dan ketidaknyamanan di mata selama satu atau dua hari meskipun prosedurnya dilakukan dengan anestesi topikal dan biasanya tanpa rasa sakit.

  7. Periode setelah Operasi LASIK


    Anda harus mengistirahatkan mata selama satu atau dua hari setelah operasi dilakukan. Selain itu hindari menonton TV, membaca, dan menggunakan komputer selama hari-hari ini untuk mengurangi tekanan pada mata. Selain itu, anda juga dianjurkan untuk menghindari paparan panas, debu, dan polusi selama seminggu. Oleh karena itu rencanakanlah jadwal anda dengan sesuai sebelum melakukan operasi LASIK.

  8. Menggunakan Penutup Mata


    Anda harus memakai pelindung mata selama satu atau dua minggu sewaktu tidur untuk menutup mata dan mencegah diri anda menggosok mata secara tidak sengaja. Hal ini karena ada kemungkinan terjadi gesekan pada hasil pembedahan jika anda menggosok mata yang dapat mengakibatkan diri anda perlu mengulang prosedur operasi LASIK.

  9. Antibiotik dan Tetes Air Pelumas Mata (Lubricant Drops)

    Dokter akan meresepkan penggunaan obat antibiotik selama seminggu dan tetes air pelumas mata (lubricant drops) selama sebulan. Penggunaan produk kecantikan dan kosmetik harus dihindari setidaknya selama dua minggu, terutama kosmetik yang digunakan di area sekitar mata.

  10. Dokter Mata (Ophthalmologist)


    Hal yang terpenting adalah memilih dokter yang ahli dan rumah sakit dengan peralatan medis yang lengkap untuk menjalani operasi LASIK. Pastikan dokter mata (ophthalmologist) anda memiliki pengalaman minimal tiga tahun dengan setidaknya 50 kasus ditanganinya dalam setahun.

Add a Comment