Ronaldo Dan Dani Alves Tampil Prima Di Usia 30an, Kaka Beberkan Rahasianya

Cristiano Ronaldo dan Dani Alves tampaknya berhasil tampil tetap prima meskipun sudah berusia kepala tiga. Mereka bahkan memainkan peran penting dalam membawa tim mereka ke final Liga Champions UEFA yang bakal dipertandingkan pada hari Sabtu mendatang, dan ternyata sang legenda pesepakbola Brasil, Kaka memuji disiplin dan etos kerja kedua mantan rekan setimnya itu lah yang selama ini membantu mereka tetap bersinar dan menampilkan peforma baik meskipun sudah berusia tiga puluhan.

Kaka mengenal Alves dengan baik selama bertahun-tahun mereka bermain bersama di tim nasional Brasil. Hubungannya dengan Ronaldo ditempa di klub Real Madrid, di mana mereka menjadi rekan satu tim selama empat musim setelah sama-sama mulai bermain di musim panas 2009.

Kaka, yang sekarang bermain untuk klub MLS di Orlando City, tidak heran melihat Ronaldo (32 tahun), dan Alves (34 tahun) masih kuat dan berstamina tangguh, namun mengaku masih kagum dengan aksi mereka akhir-akhir ini.

“Dani Alves luar biasa,” ungkap Kaka kepada media Goal. “Dia adalah seorang pemain yang sangat bagus, dan apa yang telah ia tunjukkan sepanjang musim ini bersama klub Juventus di final Liga Champions, termasuk tim nasional Brasil telah menjadi teladan dari bagaimana menggunakan teknik dan semua pengetahuan yang kita miliki hingga saat ini ternyata masih dapat dimainkan dengan sangat baik (di usia tigapuluhan ini).

Kaka kemudian menambahkan, “Ia persis seperti atlet jaman dulu, di mana cukup tidur nyenyak, sehat, dan mengkonsumsi makanan sehat. Ia merawat tubuhnya dengan baik dan menunjukkan bahwa dengan cara seperti ini membuatnya masih bisa bermain di performa tinggi pada usia 33 – dia masih memiliki banyak tahun untuk bermain, saya mendukungnya dan saya berharap ia masih dapat tampil bagus di Eropa.”

Sementara itu, Kaka juga melihat langsung bagaimana Ronaldo bekerja keras mengasah permainannya, sebuah etos kerja legendaris yang membantunya memenangkan empat penghargaan Ballon d’Or dan telah mendorongnya untuk menyaingi Lionel Messi sebagai pemain terbaik dunia.

“Cristiano adalah seorang profesional yang luar biasa,” ungkap Kaka. “Ia merawat tubuhnya, memperhatikan asupan makanannya, dan juga mencoba untuk tidur secukupnya. Tentu saja ia adalah pemain yang sangat berbakat dan ia mempunyai motivasi untuk memenangkan setiap pertandingan, termasuk memenangkan Ballon d’Or setiap tahunnya, jadi dia terus berkembang, ia juga terus berusaha mencetak gol. Hal ini menunjukkan tekad yang sangat kuat dalam pikirannya.”

Kaka sendiri yang sudah menginjak usia 35 tahun dan sedang bermain di laga pertengahan musim ketiga MLS, tidak akan tampil di Cardiff untuk laga final Sabtu mendatang. Ia akan menonton di televisi, dan meskipun ia tidak memberikan sebuah prediksi, tetapi ia jelas mendukung mereka sebagai pemenang Liga Champions seperti yang pernah ialakukan untuk AC Milan tepat satu dekade yang lalu.

“Tentu saja saya akan mendukung Real Madrid, mantan kesebelasan saya, mantan tim saya,” kata Kaka. “Saya memiliki banyak teman di kedua tim, Juve melakukan yang sangat bagus, mereka memiliki bek yang sangat baik. Mereka telah kebobolan beberapa gol di Liga Champions sehingga akan menjadi pertandingan yang menakjubkan nantinya. Tetapi seperti yang saya katakan, saya akan mendukung Real Madrid.”

Add a Comment